Wilo – PB Series, Solusi Pompa Booster Rumah Anda

Dewasa ini kebutuhan akan air bagi kaum urban sangatlah penting. Normalnya setiap satu rumah membutuhkan satu pompa air guna mendistribusikan air dari sumber air ke seluruh titik keran air di rumah. Sumber air biasanya adalah sumur atau tanki penyimpanan air yang akan dipindahkan menggunaka pompa ke tower penyimpanan air. Dari tower selanjutnya air akan didistribusikan ke seluruh titik keran air hanya dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi untuk mengalirkan air melalui pipa tanpa menggunakan pompa lagi.

Namun menjadi berbeda apabila kebutuhan untuk penggunaan shower, water heater, dan mesin cuci modern. Pemanfaatan gaya gravitasi untuk mengalirkan air menjadi kurang efektif karena shower membutuhkan tekanan tambahan agar fungsinya lebih maksimal. Jika dirumah menggunakan water heater maka dibutuhkan tekanan air sebagai pemantik yang berfungsi menyalakan api untuk memanaskan air. Dengan kebutuhan tersebut maka dibutuhkan suatu perangkat/alat untuk meningkatkan tekanan air dari tower air ke seluruh titik air seperti keran, shower, dll. Perangkat/alat tersebut adalah mesin pompa penambah tekanan, solusi dalam hal ini biasanya menggunakan pompa booster atau pompa penambah tekanan.

Penggunaan pompa booster sebagai pompa dorong cukup menggunakan saklar otomatis dengan sistem pressure switch yaitu menggunakan sistem pemutus arus listrik dengan tergantung dari tekanan air. Apabila tekanan air terlalu tinggi atau terhenti karena keran air tertutup, maka air akan mengalir kesegala arah termasuk menuju bagian pressure switch dan memutus arus. Tetapi pompa booster yang digunakan untuk keperluan ini biasanya seringkali mengalami kerusakan pada fungsi otomatisnya, hal ini terjadi disebabkan seringnya pembukaan kran yang tidak penuh membuat otomatis bekerja on-off beberapa kali sehingga membuat pressure switch bekerja lebih berat dan lebih cepat yang berakibat mengurangi umur sparepart ini dan sering terjadi kebocoran pada struktur kumparan pompa, bila kebocoran sering terjadi akan menjadikan umur pompa menjadi pendek karena cepat rusak hal ini terjadi biasanya karena air masuk pada bagian mesin pompa sumur dangkal.

Pompa booster merupakan alternatif dari penggunaan produk pompa sumur dangkal otomatis, penggunaan pompa booster ini lebih menghemat listrik karena daya listrik yang dibutuhkan biasanya lebih kecil. Selain itu sistem otomatis pompa ini tidak menggunakan pressure switch, tetapi menggunakan sejenis bola magnet yang berfungsi ketika ada aliran air. Penggunaan otomatis jenis ini juga memiliki keuntungan lain, karena bila tidak ada air, pompa tidak akan bekerja. Sehingga kita terhindar dari resiko kerusakan atau terbakarnya pompa bila kita sampai lupa mengisi penampungan air.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut maka Wilo menyediakan 2 jenis pompa Automatic Preasure Booster berdasarkan fungsi letak yaitu:

  1. Downward Series (Pompa Penambah Tekanan Ke Bawah)
  2. Upward Series (Pompa Penambah Tekanan Ke Atas)

Pompa Penambah Tekanan ke Bawah (Downward Series)

Sesuai dengan namanya, pompa ini diletakkan di atas bangunan rumah bertingkat lebih dari 3 lantai atau gedung tinggi lain. Fungsinya adalah untuk menambah tekanan ke bawah dari toren ke setiap titik keran air.

Hal – hal yang perlu diperhatikan untuk tipe instalasi ini adalah:

  • Perbedaan ketinggian dari level ketinggian air toren dengan keran pada posisi tertinggi bangunan minimal 1 m.
  • Hindari memasang keran di sisi hisap pompa. Pompa akan bermasalah karena aliran balik air atau udara pada saat keran dibuka.
  • Hindari memasang pompa di sisi discharge water heater. Karena air yang telalu panas akan berpengaruh pada lifetime pompa

Untuk memenuhi kebutuhan customer akan pompa pendorong tipe instalasi ini, Wilo memeberikan opsi beberapa tipe sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai berikut :

PB-088 EA

PB-S125 EA

PB-201 EA

PB 400 EA

Informasi lanjut untuk setiap tipe dapat di akses pada: https://pompawilo.com/product-category/pompa-penambah-tekanan/

Pompa Penambah Tekanan ke Atas (Upward Series)

Pompa ini diletakkan di lantai dasar bangunan. Fungsinya adalah untuk menambah tekanan ke atas dari sumur / penampung air ke setiap titik keran air. Hal yang perlu diperhatikan adalah kedalaman hisap maksimal adalah 3 m.

Untuk memenuhi kebutuhan customer akan pompa pendorong tipe instalasi ini, Wilo memberikan opsi beberapa tipe sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai berikut :

PB-250 SEA

PB-401 SEA

Informasi lanjut untuk setiap tipe dapat di akses pada: https://pompawilo.com/product-category/pompa-penambah-tekanan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *